Mampir ke 10 Tempat Ini Saat Jalan-jalan ke Purworejo Yuk!

Tempat wisata di Purworejo-Purwerejo merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang perlu untuk diperkenalkan kepada dunia. Bukan hanya Jogja ataupun Solo saja. Tak Kalah dengan kota Gudeg, destinasi di Purworejo bisa memikat siapa saja mereka yang berkunjung. Tidak percaya? Berikut tiga tempat wisata di Purworejo Jateng yang bisa kamu jelajahi.

Obyek Wisata di Purworejo Jawa Tengah

 

1. Pantai Jatimalang


tempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang sangat sulit sekali ditampik pesonanya. Seperti pantai lainnya milik Indonesia, pantai Jatimalang yang berlokasi di Kecamatan Purwodadi ini mempesona setiap pengunjung yang datang. Bagi kamu yang ingin menginap, di sekitaran pantai Jatimalang ini tersedia berbagai hotel dengan harga beragam dan cukup ramah di kantong. Kunjungi tempat wisata Purworejo berupa pantai ini untuk sekedar membuang penat dan tekanan dari pekerjaan.

2. Hutan Purworejo


tempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah

Hutan Purworejo merupakan salah satu wisata alam Purworejo yang bisa dibilang sangat ramah. Bagaimana tidak, Anda bisa melakukan camping, outbond, hiking, dan juga banyak kegiatan lainnya di sini dengan aman. Tidak perlu memiliki kekhawatiran yang begitu hebat ketika berkunjung ke hutan yang terletak di Desa mayungsari, Kecamatan Bener Purworejo ini, pemerintah daerah setempat telah mengelolanya dengan sangat baik.

3. Curung Silangit


tempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah

Selain pantai dan hutan, tempat wisata di Purworejo juga memiliki magnet lainnya adalah Curung Silangit. Bisa dibilang tempat tujuan wisata satu ini merupakan asset yang sangat berharga bagi Purworejo. Memiliki ketiggian 50 meter dengan tiga tingkatan yang membangunnya, Curung Silangit ini tenar sebagai salah satu landmark-nya kota Purworejo. Wisata alam berupa air terjun yang sangat indah dinikmati kapan saja. Meskipun wisata alam, Curung satu ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum ataupun pribadi.


4. Taman Kota Geger Menjangan

 


Destinasi wisata lainnya yang menarik untuk ditelusuri ketika jalan-jalan ke Purworejo adalah Taman Kota Geger Menjangan atau ada yang menyebutnya dengan Puncak Geger Menjangan. Tempat wisata satu ini sangat rekomended sekali, pasalnya ini bisa didatangi oleh berbagai kalangan. Baik itu muda-mudi, yang sudah berkeluarga, dan juga para orang tua. Lokasi satu ini strategis sekali, sehingga kamu bisa melihat pemandangan kota Purworejo dari atas. Selain itu banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini. 

5. Benteng Pendem 


Ingin lihat peninggalan pada masa penjajahan Jepang? Datang saja ke Benteng Pendem ketika jalan-jalan ke Purworejo. Beenteng Pendem ini merupakan saksi bisu kekuasaan penajajah Jepang pada masa lampau. Loaksinya terdapat di Dusun Bapangsari Krendetan, Kecamatan Bagelen, di Perbukitan Kaliwaru. Benteng ini didirikan pada tahun 1945 yang difungsikan sebagai tempat bertahan dari serangan dan juga lokasi pengintaian. Sayangnya, Benteng Pendem ini kurang terawat sehingga menimbulkan kesan angker. Meski begitu, tak jarang orang berkunjung untuk melihat obyek wisata sejarah yang terdapat di Purworejo ini. 

6. Goa Seplawan

tempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah

Berlokasi di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Goa Seplawan ini bisa jadi salahs atu pilihan obyek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika jalan-jalan ke Purworejo. Untuk datang ke sini, dari pusat kota Purworejo hanya membutuhkan jarak 20 km saja. Pemandangan Goa Seplawan ini sungguh menakjubkan. Mulai dari stalaktik, stalakmit, dinding-dinding goa yang indah akan membuat kamu berdecak kagum saat melihatnya. Untuk masuk ke  Goa Seplawan ini kamu dikenai uang sebesar Rp. 5000, Rp. 3000 untuk masuk ke goad an Rp. 2000 untuk biaya parkir.


7. Pantai Ketawang


Siapa yang akan menolak jika diajak berpiknik ke pantai? Oleh sebab itu jika kamu sedang berkunjung ke Purworejo jangan lupa dayang ke Pantai Ketawang. Pantai Ketawang ini berada di Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo. Pantai di Purworejo ini sangatlah indah, tidak heran jika banyak orang ingin mengunjunginya. Panorama di sini masih sangat alami, perpaduan air laut yang biru karena pantulan langit yang sangat cerah. Untuk masuk ke Pantai Ketawang ini kamu tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak, hanya perlu 3 ribu saja. Namun jika membawa kendaraan berupa mortor parkirnya sebesar Rp. 3 ribu dan Rp 7. 500 untuk kendaraan roda empat.

8. Musem Tosan Aji

tempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengahtempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah

Museum Tosan Aji merupakan tempat wisata di Purworejo yang menyimpan berbagai peninggalan berharga. Kamu bisa belajar mengenai kota Purworejo melalui musem satu ini. Untuk letaknya sendiri, Musem Tosan Aji ini berada di Alun-Alun selatan kota Purworejo. Peningggalan bersejarah yang bisa kamu temykan di tempat wisata di Purworejo ini contohnya saja keris dan berbagai peninggalan yang merupakan hasil budaya nenek moyang di masa lampau. Untuk datang ke Museum Tosan Aji, kamu hanya perlu merogoh kocek sebasar Rp. 1 ribu saja. Harga yang sangat murah untuk melihat berbagai peninggalan bersejarah bukan? 


9. Curung Muncar

 


Pilihan lainnya obyek wisata alam di Purworejo yang bisa untuk kamu jelajahi adalah Curug Muncar. Berjarak kurang lebih 45 km dari pusat kota Purworejo, Curug Muncar ini memiliki keindahan yang masih ‘perawan’. Tetapi jalanan untuk menuju ke Curug Muncar yang terdapat di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Purwakarta ini cukup menantang. Kamu perlu mempersiapkan fisik yang kuat supaya bisa menikmati keindahan dari Curung Muncar ini.


10. Masjid Agung Purworejo

 

tempat wisata di Purworejo, tempat wisata alam di purworejo, tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah

Apa yang sangat menarik dari Masjid Agung Purworejo ini sehingga banyak wisatawan berdatangan? Ternyata, di Masjid Agung Purworejo ini terdapat sebuh bedug berukuran jumbo yang dibuat sekitar tahun 1800-an. Keistimewaan lainnya mengenai bedug ini adalah hanya dipergunakan saat bulan Ramadhan saja. Dengan bedug raksasa ini suara yang dihasilkan tentu saja menggelegar dan membuat banyak orang berdatangan. Inilah daya tarik yang dimiliki oleh Masjid Agung Purworejo.
 

Liburan asyik dan seru dengan menjelajahi alam yang ada di Indonesia tercinta. Yuk, mulai dari tempat wisata di Purworejo. Go get lost worldwide adventures!

Related Posts: