Inilah Tips Mendaki Gunung untuk Wanita Agar Pendakian Menyenangkan

Tips mendaki gunung untuk wanita-Mendaki gunung kini bukan lagi milik para pria saja lho, Yoekers. Para wanita sekarang sudah banyak yang memiliki hobi mendaki, berkemah, dan lain sebagainya. Meski begitu, kebutuhan pria dan wanita yang sedikit berbeda, pastinya akan harus diperhatikan ya. Agar mendaki gunung yang dilakoni tetap nyaman dan meninggalkan kesan yang indah.

Nah, bagi cewek yang dalam waktu dekat mendaki gunung, berikut tips mendaki gunung untuk wanita yang perlu untuk diterapkan.


Tips mendaki gunung untuk wanita 

Perbanyak olahraga


tips mendaki gunung untuk wanita, tips mendaki gunung untuk pemula

Untuk mempersiapkan tubuh melakukan hal yang berat, dalam artian mendaki gunung, setidaknya kamu mulai rutin berolahraga seminggu sebelum melakukan pendakian. Tidak hanya untuk memperkuat otot-otot tubuh saja, olahraga juga akan membuat nafas kamu jadi lebih panjang jadi tidak akan terasa ngoyo dan ngos-ngosan ketika mendaki. Lakukan olahraga-olahraga yang gampang untuk dilakukan, jalan-jalan, lari, bersih-bersih rumah, bersepeda ataupun juga berenang.

Bawa tabir surya


tips mendaki gunung untuk wanita, tips mendaki gunung untuk pemula

Perubahan suhu di alam pegunungan tidak ada yang bisa menduga, terkadang panas, dingin, terik, berkabut, ataupun biasa saja. Maka dari itu, untuk menjaga kulit dari berbagai bahaya, rutinlah untuk mempergunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Tidak hanya kulit kaki, tangan dan wajah saja, kamu perlu untuk mengoleskannya ke bagian-bagain yang lainnya agar terjaga kesehatannya. Apalagi kulit kamu jenis sensitive, perlu perawatan ekstra.

Bawa tisu basah dan tisu kering


tips mendaki gunung untuk wanita, tips mendaki gunung untuk pemula

Kondisi pegunungan tidak sama dengan tempat yang biasa kamu sambangi. Jadi kamu harus mempersiapkan alat-alat pembersih yang ampuh, enteng, dan gampang dibawa-bawa seperti halnya tisu basah dan kering. Tisu basah dan kering sangat bermanfaat ketika melakukan pendakian. Digunakan untuk memebersihkan anggota tubuh ketika tidak ada air di sekitar.


Perhatikan tanggal menstruasi


tips mendaki gunung untuk wanita, tips mendaki gunung untuk pemula

Jangan lupa untuk membawa pembalut dan celana dalam yang cukup ketika kamu mendaki mendekati tanggal menstruasi. Jangan lupa juga untuk membawa obat pereda nyeri saat haid agar pendakian yang kamua lakukan tidak semakin berat karena menstruasi. Jangan lupa untuk memabwa kantong platik kecil untuk digunakan sebagai wadah pembalut yang telah dipakai. Selalu pisahkan dari barang-barang yang lainnya, agar tidak timbul kesan jorok.

Pastikan membawa baju hangat


tips mendaki gunung untuk wanita, tips mendaki gunung untuk pemula

Udara dingin di pegunungan terkadang bisa sampai ke tulang, maka dari itu bawalah baju yang tebal, jaket, sarung tangan, kaos kaki, slayer, ataupun topi yang bisa mengurangi rasa dingin. Jangan sampai kamu lalay membawa baju hangat ketika mandaki. Bisa-bisa kamu akan membuat diri dalam bahaya.

Nah, itu 5 tips mendaki untuk wanita yang patut untuk diterapkan. Ingat satu hal ketika mendaki, jangan pernah buang sampah semabarangan, sayangi alammu, biarkan anak cucu kita juga bisa menikmatinya. Selamat mendaki, Yoekers!

Related Posts: