Jalan-jalan ke Madiun Tak Lengkap tanpa Kunjungi 10 Wisata Ini!

Objek wisata Madiun Jawa Timur-Jika Jogjakarta terkenal dengan sebutan kota Gudeg, Madiun juga memiliki julukan yang tak kalah kerennya, kota Gadis. Kota Gadis merupakan singkatan dari perdagangan, pendidikan, dan industri yang akan menjadi magnet sangat kuat bagi para pengunjung yang suka bertravelling. Nah, bagi kamu yang ingin meng-expolre kekayaan tempat wisata di Madiun. Inilah tempat wisata di Madiun yang cocok untuk Yoekers kunjungi:


Inilah Objek wisata Madiun Jawa Timur Patut Kunjungi

1. Waduk Bening Widas


objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun

Walaupun Madiun tidak memiliki pantai, kamu yang maen ke Madiu tidak susah menemukan wisata air. Madiun memiliki wisata air Waduk Bening Widas yang menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai wisata, waduk ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik dari aliran sungai Brantas. Waduk yang keelokannya ini bisa memukau kamu terletak di Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, berjarak 40 km dari pusat kota. Kamu bisa menikmati banana boat, memancing, dan juga mengelilingi waduk dengan mengendarai perahu.

2. Air Terjun Banyulawe


objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun

Juga terletak di Kecamatan Kare tepatnya di Lereng gunung Wilis, Air Terjun Banyulawe ini merupakan the hidden paradise yang berada di kota Madiun. Lokasinya bisa dibilang agak susah ditemukan, maka dari itu kamu bisa bertanya kepada penduduk sekitar tentang keberadaanya. Air Terjun satu ini meskipun sederhana, namun panoramanya bisa memikat dan membuat para pengunjung betah berlama-lama.

3. Monumen Kresek


objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun

Bagi kamu yang ingin berwisata sambil mengenang jasa para pahlawan, monumen Kresek ini lokasi yang tepat. Berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Dungus, Kabupaten Madiun, berjarak 8 km dari pusat kota, monumen ini akan menceritakan kepada kamu tentang sejarah kelam pemberontakan yang dilakukan oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) di awal tahun kemerdekaan RI. Digambarkan dalam bentuk diorama dan juga relief-relief, kamu akan menghargai kebebasan yang diraih saat ini.


4. Air Terjun Seweru

objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiu

Madiun  juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalh indahnya dengan yang lainnya, yaitu Air Terjun Seweru. Air terjun ini terletak di desa Kare tepatnya di lereng Gunung Wilis yang jika dilihat akan menimbulkan rasa menyejukkan jiwa. Jangan lupa datang ke tempat wisata di Madiun yang menenangkan hati ini ya Yoekers. 

5. Alun-alun Madiun


objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun

Seperti halnya kota lain di Indonesia bahkan Dunia, Madiun juga memiliki alun-alun yang luas dan nyaman untuk disambangi. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sekitar alun-alun ini, nongkrong seru bareng temen, jogging, dan sekedar selfie-selfie bisa dengan bebas dilakukan. Tidak salah jika alun-alun kota Gadis ini menjadi favorit penduduknya.

6. Grape


objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun

Sudah terkenal dari dahulu, Grape masih tetap menawan dikunjungi hingga sampai saat ini. Terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, lima belas kilometer dari pusat Kota, kamu akan dapatkan keindahan hutan yang asri dengan panorama perbukitan dan persawahan. Jika selama ini kamu hidup di kota besar, tentunya pemandangan seperti ini langka dan patut untuk dijadikan momen berharga. 


7. Taman Wisata Umbul

objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun


Pilihan obyek wisata keluarga yang bisa untuk kamu datangi sendiri ataupun berombongan adalah Taman Wisata Umbul ini. Taman ini dahulunya merupakan sebuah kebun binatang yang dihuni berbagai jenis binatang. Ada buaya, berbagai burung, harimau, dan masih banyak jenis yang lainnya. Namun, sekarang ini setelah banyak hewan yang mati beralih menjadi lokasi taman bermain. Ada kolam dengan kedalaman yang berbeda, kincir angin, kora-kora, dan juga roller coaster. Lokasi Taman Ngumbul ini berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo. 


8. Situs Nglambangan

objek wisata Madiun Jawa Timur, wisata kuliner Madiun, tempat wisata di Madiun


Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata sejarah datang saja ke Situs Nglambangan. Lokasi dari Situs Nglambangan ini terletak di Desa Nglambangan, Wungu, Kabupaten, Madiun. Jika sedang beruntung, kamu bisa melihat upacara adat saat jalan-jalan ke Situs Nglambangan ini. biasanya ada upacara adat setiap tanggal 1 Suro. Lihat kejayaan Majapahit di masa lalu dengan mengunuungi destinasi wisata di Madiun ini.

9. Dumilah Water Park


Obyek wisata lainnya yang ditawarkan oleh Madiun adalah Dumilah Water Park. Tempat wisata buatan ini terdapat di jantung kota Madiun, jadi bagi kamu warga kota tak perlu jauh-jauh untuk berwisata. Banyak sekali mainan yang bisa untuk dijajal keseruannya di Dumilah Water Park ini. Wahana permainan yang paling mendominasi yang terdapat di Dumilah Water Park ini adalah bernuansa air, sangat cocok untuk berwisata bersama dengan keluarga.

10. Waduk Kedungbrubus


Terletak di dusun Kedungbrubus, waduk yang difungsikan untuk irigasi ini dinamakan sesuai dengan letaknya. Waduk yang dibangun pada tahun 2008 ini tidak hanya sebagai irigasi saja melainkan juga untuk lokasi wisata masyarakat sekitar. Pemandangan alam yang sangat memukau tentu saja akan mempesona mereka yang melihatnya. Maka dari itu sekarang ini banyak sekali warung-warung makan yang berdiri di sekitar waduk Kedungbrubus ini. Kamu bisa memesan ikan bakar yang memiliki rasa super nikmat. 
 
Nah, itulah objek wisata Madiun Jawa Timur yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk dikunjungi saat berlibur. Jangan lupa untuk coba wisata kuliner Madiun, contohnya pecel Madiun dan rasakan keenakan dari setiap suapannya. Madiun ternyata pantas dan patut untuk dikunjungi kan Yoekers!

Related Posts: