Pantai Jambu dan Pantai Sambolo - Anyer yang Menawan

Pantai tersembunyi di Anyer-Selama ini jika orang-orang berbicara tentang obyek wisata pantai yang ada di Anyer, sudah dipastikan semua orang akan menjawab pantai Anyer, pantai Karang Bolong dan pantai Carita. Memang tidak salah, karena ketiga pantai tersebut sudah dikenal warga Jakarta dan Banten sebagai tujuan berwisata.  Namun, Anyer dengan garis pantainya yang memanjang ternyata memiliki banyak pantai yang beberapa di antaranya belum seterkenal pantai Anyer. Seperti pantai Jambu dan pantai Sambolo yang terletak berdekatan dengan pantai Karang Bolong dan pantai Anyer.

Deskripsi Pantai Jambu dan Pantai Sambolo

1. Pantai Jambu

pantai di Anyer, pantai Anyer yang belum populer, pantai di Anyer tersembunyi
Photoright: anyernomadictrip.com

Pantai Jambu adalah sebuah pantai alami yang terletak di desa Bulakan, Anyer 850 meter dari sebuah hotel yang bernama Hawaii Club Bali Resort yang tidak banyak di ketahui oleh wisatawan. Selain karena pamor pantai Anyer dan pantai Carita yang telah berskala nasional, lokasi pantai ini agak tersembunyi ke dalam yang membentuk cekungan sehingga bagi yang belum pernah dan tidak jeli akan sulit menemukan pantai ini.

Untuk menemukan pantai ini kamu harus menempuh perjalanan 2,5 – 3 jam dari kota Jakarta ke Anyer. Jika sudah tiba di Anyer, lokasi pantai ini berada kurang lebih 15 menit perjalanan dari pantai Karang Bolong menuju pantai Carita karena pantai Jambu berdekatan dengan pantai Carita. Saat ini pantai Jambu belum memiliki rambu-rambu penunjuk jalan. Sehingga untuk menandai pantai ini kamu bisa memperhatikan pohon jambu yang ada di tepi pantai. Perhatikan juga kondisi pantai yang agak menjorok ke daratan dengan dua ayunan kayu yang terlihat jelas dari jalan raya. Sehingga untuk menemukan pantai ini menjadi sebuah petualangan tersendiri yang menyenangkan. Namun karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai Carita membuat kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan hotel atau penginapan jika membutuhkan akomodasi selama di Anyer. 


Pantai Jambu mempunyai pantai yang menjorok ke dalam sehingga relatif aman karena cukup dangkal dan tidak perlu khawatir terseret arus. Bagi kamu yang berlibur bersama dengan keluarga, pantai ini menjadi ideal untuk wisata keluarga di akhir pekan atau libur nasional.


Hamparan pasir putih yang lembut yang menjadi ciri khas pantai di sepanjang jalur Anyer juga akan kamu temui di sini. Dengan lokasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan membuat keberadaan pantai ini lebih bersih dan masih terjaga kealamiannya. 


Pantai ini masih belum dikelola secara komersil sehingga tidak ada biaya tiket masuk bagi pengunjung ke pantai seperti yang terjadi di pantai Anyer. Pantai ini tidak memiliki bibir pantai yang lebar seperti pantai-pantai berbayar di Anyer karena bentuknya yang seperti cekungan, namun luas pantai yang ada cukup memadai dan menyenangkan untuk berekreasi di sini. Saat ini hanya ada penyewaan surfboard yang tersedia di sini dan sebaiknya untuk pemula. Karena angin dan ombak di pantai ini kurang menantang dan tidak mendukung untuk melakukan olahraga selancar yang sesungguhnya. Namun hal ini tidak mengurangi keseruan untuk menjelajah pantai dan berenang bersama keluarga. Disarankan untuk membawa makanan yang cukup karena tempat makan tidak tersedia di pantai ini.

2. Pantai Sambolo

pantai di Anyer, pantai Anyer yang belum populer, pantai di Anyer tersembunyi
Photoright: bantentrendwisata.com
Selain pantai Jambu, kamu bisa mengunjungi pantai Sambolo yang landai. Pantai dengan pasir putih kecoklatan dengan air laut yang jernih ini terletak di antara jalur kawasan Anyer. Jika kamu telah melewati kawasan industri PT. Krakatau Steel, maka kamu akan segera tiba di pantai ini. Pemandangan matahari terbit menjadi suguhan yang menarik ketika kamu berada di pantai ini. Sinar keemasan dari matahari yang akan naik berada di belakang pantai Sambolo namun cahayanya memantul ke air laut sehingga memberikan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. 

Fasilitas umum seperti air bersih, tempat makan sudah tersedia di pantai Sambolo ini. Kegiatan berenang, bermain volly pantai banyak dilakukan oleh pengunjung yang berada di sini. Penyewaan permainan air pun cukup lengkap di sini seperti banana boat, jetski, speedy boat serta bogy board menjadi kegiatan favorit yang dilakukan di pantai ini. 

pantai di Anyer, pantai Anyer yang belum populer, pantai di Anyer tersembunyi
Photoright: ardheybozz.blogspot.co.id
Bagi kamu para pecinta kuliner, di pantai ini terdapat tempat makan hidangan laut yang layak untuk kamu cicipi. Aneka suvenir dan kerajinan untuk kamu bawa pulang juga bisa kamu temukan di toko-toko yang tersebar di sepanjang kawasan pantai Sambolo. Penginapan sekelas hotel pun bisa kamu temukan di sini dengan mudah karena akses pantai ini yang berada di jalur wisata Anyer. 

Karena lokasinya yang belum terlalu jauh ke dalam kawasan Anyer, pantai Sambolo kerap dijadikan tempat untuk kegiatan family gathering perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar kota Cilegon maupun kota Jakarta. Selain itu pantai ini juga menjadi tujuan wisata siswa-siswa sekolah yang melakukan tur dari sekolah pada masa liburan sekolah.

Related Posts: