10 Wisata Kuliner di Medan yang Patut Dijadikan Rekomendasi!

Wisata kuliner khas Medan-Ketika berkunjung ke Medan, ibu kota dari Sumatra Utara, kamu akan disuguhkan oleh berbagai temoat wiata yang menarfik untuk dijelajahi. Mulai dari Istana Maimun, Danau Lu Kawar, Tangkahan, Daun Linting dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, jika ingin berkunjung ke Danau Toba dan Danau Singkarak, kamu haruslah melewati Medan sebagai pintu masuknya.

Sangat sayang sekali jika kamu lewat dan berada di Medan dan tidak menjelajahi berbagai wisatanya. Nah, jika kamu tidak memiliki waktu yang panjang mampir saja ke beberapa tempat wisata kuliner khas Medan yang halal dan nikmati kelezatan makanannya.


Berikut daftar wisata kuliner khas Medan yang halal

1. Merdeka Walk


wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal

Tempat berkumpulan ratusan orang pada malam hari, Merdeka Walk. Banyak sekali gerai kuliner yang ada di dalamnya, lebih dari 30 jenis mulai dari olahan nasioanl sampai internasional. Kamu pengen apa? Sop buntut, lontong sayur, soto, sampai sushi pun ada di dalamnya. Tidak hanya pusat kuliner saja, Merdeka Walk juga biasa dimanfaatkan untuk pusat berkumpulnya anak muda untuk sekedar hangout, lomda dance, menonton pertandingan bola, hingga perlombaan band.

2. Soto Kesawan Enak Tenan


wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal

Kamu pengen nyoba soto yang enak di kota Meda? Soto yang terletak di Jalan Ahmad Yani 116 ini bisa dijadikan rekomendasi. Tidak seperti soto lainnya yang menyajikan ayam dan daging sapi sebagai lauknya, tempat wisata kuliner khas Medan ini memanfaatkan udang dengan ukuran ‘jumbo’. Namun, bagi kamu yang ingin mencicipi soto daging sapi ataupun ayam juga tersedia kok. Tergantung dengan selera aja kok!

3. Kedai Durian Ucok


wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal

Durian dan Medan bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Durian yang ada di Medan memiliki citarasa sedikit berbeda dengan yanga ada di daerah lainnya. Rasanya yang legit memiliki unsur pahit yang ‘nagih’ dan menggoda sangat dirindukan oleh penikmatnya. Bagi kamu yang ingin menikmati kelezatan durian segar, datangs aja ke Durian Ucok di Jalan Wahid Hasyim. Buka malam hari sampai dini hari, bisa dimakan ditempat atau dibungkus untuk keluarga tercinta.

4. Kedai Kopi Apek


wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal

Telah ada sejak tahun 1922, kedai kopi apek ini tidak pernah sepi penggemar. Rasa kopinya yang tidak banyak berubah sejak pertama kali dijual membuat banyak orang ketagihan dengan kekhasan rasanya. Kunci dari kekhasan kopi apek yang terletak di Jalan Hindu 37 ini adalah tekhnik mengaduk yang tepat, pemilihan jenis kopi unggulan, dan juga pengaturan suhu yang tepat. Kedai ini merupakan yang tertua dan populer yang ada di Medan.

5. Restoran Tip Top


wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal

Dengan arsitektur jaman Belanda, restoran Tip Top ini masih populer hingga saat ini. Sudah berdiri berpuluh-puluh tahun yang lalu, restoran satu ini mempertahankan cita rasa yang sudah dari awal ada. Menu yang disajikan cukup beragam, mulai dari makanan Nusantara, Oriental, sampai internasional. Yang terbilang jadi menu favorit di sini adalah es krim dan juga rotinya.



6. Wajir Seafoods

 
wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal


Rekomendasi wisata kuliner yang terdapat di Medan lainnya adalah Wajir Seafoods. Lokasi kuliner ini berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono No. 3  I Aur, Medan.bagi para pecinta seafoods alias makanan laut, Wajir Seafoods ini merupakan salah satu rekomendasi yang sangat tepat. Berbagai macam olahan seafood mulai dari kepiting, udang, berbagai jenis ikan, dan juga cumi-cumi. Untuk rasa, seafoods di Wajir Seafoods ini memiliki rasa yang jawara. Harganyapun terjangkau mulai dari Rp. 12.000. 

7. Rumah Makan Tabona'


Salah satu rumah makan yang legendaris yang terdapat di Medan adalah rumah Makan Tabona ini. loaksi dari tempat wisata kuliner ini berada pada Jalan Mangkubumi No. 17 A U.R Medan. Buka dari jam 7 pagi sampai 6 sore, rumah makan ini menyediakan menu khas Indonesia yang lezat-lezat. Sebut saja jenis makanan seperi kari, dan sate akan dihidangkan dengan lezatnay jika kamu memesannya. Untuk harga kamu tak perlu takut kebobolan, mulai dari Rp. 18. 000 sudah bisa mencicipi makanan di Ruma Makan Tabona ini.

8. Mie Ayam Jamur Kumango

 
wisata kuliner khas Medan, wisata kuliner khas Medan yang halal


Apakah kamu pengemar olahan mie ayam? Salah satu olahan mie ayam yang cukup terkenal di bumi Medan adalah Mie Ayam Jamur Kumango yang terletak di kawasan Mangkubumi. Perpaduan mie yang kenyal dengan suwiran ayam, jamur dan juga tauge akan membuat lidah kamu bergoyang kegirangan. Ditambah lagi sayuran berupa sawi dan juga bawang goreng yang membuat rasa mie ayam jadi nikmat. Rasakan mie ayam ini selagi hangat dengan tambahan es teh yang kana membuat sensasi yang tak terlupakan. 

9. Sate Memeng


Tempat wisata kuliner lainnya yang terdapat di Medan adalah Sate Memeng. Berbagai macam sate terdapat di sini, ayam, sapi, dan juga kambing. Yang sangat khas di Sate Memeng ini adalah bumbunya yang memiliki tekstur yang sangat lembut membuat perpaduan yang sangat pas dengan rasa daging. Karena kelezatan dan kenikmatan yang ditawarkan, Sate Memeng ini bisa menghabiskan kurang lebi 70 kg daging setiap harinya. Sola harga kamu tak perlu khawatir, dengan hanya Rp. 16.000 sudah bisa mencicipi kelezatan sate di kedai makan ini.

10. Kesawan Square


Selain Merdeka Walk, tempat rekomendasi untuk mencicipi makanan khas di Medan lainnya adalah Kesawan Square. Berlokasi di kawasan Kota Lama Medan, Kesawan Square ini buka hanya di malam hari saja. banyak kuliner khas Medan dengan kelezatan menawan bisa kamu jajal di tempat yang sangat istimewa ini. untuk makanan halal dan non halal kamu tak perlu khawatir, ada atribut warna biru untuk makanan halal dan merah untuk non halal. 


Cobalah salah satu dari 10 wisata kuliner khas Medan ketika berkunjung ke sana. Tidak harus semuanya bukan? Kamu bisa kunjungi satu persatu dulu. Selamat mencoba.

Related Posts: